Siapa Orang Pertama yang Mencapai Puncak Himalaya?




Sir Edmund Hillary dikerumuni para wartawan dan awak media. Dia adalah pendaki pertama di dunia yang telah berhasil menapakkan kaki di puncak Everest pegunungan Himalaya. 

Keberhasilan dari Sir Edmund Hillary kala itu menjadi inspirator bagi banyak orang terlebih setelah berakhirnya Perang Dunia II. Sebab keberanian dan keberhasilannya tersebut Sir Edmund Hillary memperoleh gelar kebangsawanan dari Ratu Inggris yakni Ratu Elizabeth II.

Namun, dibalik kesuksesan Sir Edmund, ada pemandu luar biasa yang sesungguhnya, dia-lah penakluk sebenarnya. Pemandu itu bernama Tenzing Norgay.

Meskipun Tenzing Norgay memiliki peran besar dibalik kesuksesan Sir Edmund Hillary, sayangnya ia tak memperoleh gelar bahkan apapun layaknya yang dimiliki oleh Sir Edmund Hillary. Bahkan setelah keduanya kembali dari Puncak Everest, banyak dari reporter dunia berebut mewawancarai Sir Edmund Hillary, namun hanya satu yang mewawancarai Tenzing Norgay.

Dalam wawancara tersebut Tenzing Norgay mengatakan bahwa dirinya sangat senang dapat menaklukan puncak gunung tertinggi dunia, dirinya juga mengatakan pada saat kurang selangkah lagi mencapai puncak, Tenzing mempersilahkan Edmund untuk menjejakkan kakinya dan menjadi orang pertama dunia yang berhasil menaklukkan gunung tertiggi dunia.

Tenzing Norgay juga menjelaskan, ia melakukan hal tersebut karena Edmund Hillary bermimpi untuk menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di Gunung Everest, sedangkan mimpinya sangatlah sederhana ia hanya ingin berhasil membantu Edmund meraih impiannya.

Tenzing Norgay adalah seorang penduduk asli Nepal yang bekerja sebagai tour guide, pemandu (dalam bahasa lokal disebut dengan sherpa) bagi para pendaki yang ingin menaiki Gunung Everest. Lelaki kelahiran 9 Mei 1914 ini berasal dari keluarga petani dari Khumbu, Nepal. Tenzing telah biasa hidup berdampingan dengan gunung Everest, dan menjadi pendaki gunung.

-----

Sejajar dengan pengalaman Tenzing, peran guru, ustadz, pengajar atau mentor kira-kira ya seperti Tenzing ini. 

Pernah ada komentar yang mengatakan guru kan bisa semuanya, bisa matematika, ekonomi, geografi, akuntansi, pemasaran dll, tapi kok miskin? 

Jika menguasai semua, harusnya guru paling kaya di dunia ini. 

Tenzing menjadi jawaban komentar tajam tsb. Guru, meskipun bisa menguasai materi pelajaran, tujuan guru adalah memastikan muridnya meraih cita-cita mereka. Guru sangat senang jika muridnya menjadi orang sukses, kaya, dan bermartabat. Dan sedikitpun guru tidak minta balasan apapun dari mereka. Cukup dengan hanya dikenang saja, guru bangga luar biasa. 

Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay

Sumber gambar: 

https://www.pendakicantik.com/tenzing-norgay-pemandu-yang-mengantar-edmund-hillary-ke-puncak-everest/?amp

Sumber inspirasi: https://dunia.tempo.co/read/1723945/mengenang-tenzing-norgay-persilakan-edmund-hillary-jejakkan-kaki-pertama-di-gunung-everest


Komentar